Ventura Mengaku Sesali Pernah Latih Timnas Italia

Giampiero Ventura mengungkapkan bahwa dirinya telah mengambil keputusan yang salah ketika menerima tawaran menjadi pelatih Timnas Italia pada 2016. Hal itu, menurut Ventura, berdampak terhadap citra yang telah ia bangun dari awal berkarir sebagai pelatih.

Saat menjabat sebagai pelatih Gli Azuri, Ventura gagal mengantar Italia lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Italia gagal menyudahi perlawanan Swedia dengan sebuah kemenangan lebih dari satu gol di San Siro. Padahal mereka sangat membutuhkan hasil tersebut karena di laga perdana dikalahkan Swedia dengan skor 1-0.

Alhasil, Italia pun harus absen di Piala Dunia 2018, serta menjadi yang pertama kalinya tak mampu lolos ke Piala Dunia dalam 60 tahun. Usai kegagalan tersebut, Federasi sepakbola Italia FIGC memutuskan untuk memecat Ventura dari kursi jabatannya sebagai pelatih timnas Italia.

Meskipun kejadian tersebut terjadi sudah beberapa tahun yang lalu, namun masih menyisahkan bekas bagi Ventura. Diungkapkannya ketika sesi pengelanan sebagai pelatih baru klub Serie B, Salernitana, Ventura menyebut bahwa ia menyesal pernah menangani timnas Italia.

Ia pun kini harus berjuang untuk membangun kembali repurtasinya sebagai pelatih papan atas yang dulu sempat menangani beberapa klub Serie A seperti Torino, Sampdoria, Udinese hingga Napoli.

“Mungkin saya salah mengambil pekerjaan itu. Dua kekalahan sudah cukup untuk membuat orang melupakan 33 tahun sebelumnya dari karier saya,” kata dia di Soccerway.

“Sekarang saya ingin mulai lagi dan saya akan melakukannya,” ujarnya.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*