Tembus Rp10 Triliun, Liga Primer Merajai Transfer Januari

Liga Primer Inggris kembali memimpin bursa transfer tengah musim pada Januari 2018 dalam hal jumlah uang beredar dari total transaksi pemain keluar dan masuk.

Kompetisi kasta tertinggi Inggris itu tembus £545,6 juta atau setara Rp10 triliun. Kenaikan terbesar dari transaksi itu ada pada hari terakhir transfer Januari pada Rabu (31/1) dengan nilai £150 juta (Rp2,8 triliun).

Kontribusi terbesar adalah pembelian Philippe Coutinho oleh Barcelona sebesar £106 juta (Rp2 triliun). Begitu pula harga Virgil Van Dijk sebesar £75 juta (Rp1,4 triliun) dari Southampton ke Liverpool pada bursa transfer Januari ini.

La Liga Spanyol berada di posisi kedua dalam hal akumulasi uang beredar transfer pemain tengah musim ini. Total transaksi jual beli pemain di kompetisi itu sebesar £303,2 juta (Rp5,7 triliun).

Selain pembelian fenonemal Barca untuk Coutinho, penjualan Aymeric Laporte oleh Athletic Bilbao ke Manchester City memberi sumbangan terbesar dalam uang beredar tersebut.

Bek asal Perancis itu didatangkan The Citizens dengan nilai transfer sebesar £57 juta (Rp1 triliun). Sedangkan Bundesliga Jerman berada di urutan ketiga dalam total banyaknya uang beredar di transfer Januari, berkat kepindahan Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund ke Arsenal dengan nilai £56 juta (Rp1 triliun).

Total uang beradar di transaksi kompetisi kasta tertinggi di negara tersebut sebesar £134 juta (Rp2,5 triliun).

Di peringkat kelima ada Ligue 1 Perancis dengan total uang beredar di transfer tengah musim itu sebesar £95,5 juta (Rp1,8 triliun).

Posisi buncit dari lima besar liga di Eropa ditempati Liga Italia Serie A dengan total uang beredar £51 juta (Rp970 miliar).

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*