Piala Afrika 2019 Dibuka dengan Kemenangan Tipis Mesir atas Zimbabwe

Piala Afrika 2019 resmi dimulai. Tuan rumah Mesir membuka kejuaraan dengan kemenangan tipis 1-0 atas Zimbabwe.

Duel Mesir vs Zimbabwe di Kairo International Stadium, Sabtu (22/6/2019) dinihari WIB secara resmi membuka Piala Afrika 2019. Untuk pertama kalinya, kejuaraan yang digelar Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) itu berlangsung pada periode Juni-Juli, setelah sebelumya selalu berjalan di bulan Januari-Februari.

Turnamen ini sendiri seharusnya berjalan 15 Juni-13 Juli, namun dimundurkan karena berdekatan dengan Ramadan. Kamerun semestinya jadi tuan rumah, tetapi dicopot akibat ketidaksiapan insfrastruktur, juga karena krisis Boko Haram dan Anglophone (perang Ambazonia).

Di laga pembuka, Mesir menghadapi Zimbabwe dengan menurunkan sang bintang, Mohamed Salah, di starting XI. Tapi bukan pemain milik Liverpool tersebut yang menjadi penentu kemenangan, melainkan Mahmoud Ahmed Ibrahim Hassan yang dikenal dengan nama panggilan Trezeguet.

Sepakan Trezeguet di menit ke-41 mengakhiri tusukannya dari kiri dan menaklukkan kiper Zimbabwe, Edmore Sibanda. Gol itu mengantarkan Mesir meraih tiga poin dan memimpin Grup A sementara, dengan Republik Demokratik Kongo dan Uganda baru akan bertanding Sabtu (22/6) malam WIB.

Piala Afrika 2019 juga menandai bertambahnya jumlah peserta untuk pertama kali, dari 16 tim menjadi 24 tim. Babak grup berisikan enam grup berisi masing-masing empat negara: dua tim teratas tiap grup lolos ke 16 besar disusul empat tim runner-up terbaik.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*