‘Melawan Vietnam Tak Pernah Jadi Laga Mudah untuk Indonesia’

Timnas Indonesia dan Vietnam cukup berimbang dalam rekor pertemuan. Melawan Vietnam disebut tak pernah menjadi pertandingan yang mudah untuk skuat ‘Garuda’.

Indonesia akan melawan Vietnam di pertandingan semifinal Piala AFF 2016. Laga leg I akan berlangsung di stadion Pakansari, Sabtu (3/12/2016) malam WIB. Empat hari setelahnya, Boaz Solossa cs. akan melawat ke markas Vietnam.

Dalam 20 pertandingan melawan Vietnam, Indonesia masih unggul head-to-head dengan catatan tujuh kali menang, delapan kali imbang, dan lima kali menelan kekalahan.

Kekalahan terakhir didapat saat melakoni pertandingan persahabatan pada bulan November lalu. Di pertandingan yang berlangsung di stadion My Dinh National Stadium itu, Indonesia kalah 2-3.

Indonesia pernah memetik kemenangan atas Vietnam di laga semifinal Piala AFF 2000. Kala itu, Indonesia harus menguras keringat lebih banyak karena menjalani pertarungan hingga babak tambahan.

Indonesia menang dengan skor 3-2, usai Gendut Doni mencetak gol dimenit 120. Kapten Indonesia di laga yang berlangsung di stadion Rajamangala itu, Aji Santoso, memberikan prediksi untuk laga kali ini.

“Laga melawan Vietnam itu tak pernah mudah. Laga selalu berjalan seru karena kekuatan kedua tim seimbang,” kata Aji dalam perbincangan dengan detikSport, Jumat (2/12).

“Kekuatan Vietnam saat ini ada di atas Indonesia antara 5-10 persen. Tapi, semua itu bisa ditutupi dengan semangat bertanding Indonesia.”

“Indonesia sudah menunjukkan diri menjadi tim yang kuat saat tertekan. Indonesia juga mempunyai pemain hebat.”

“Yang masih masih menjadi pekerjaan rumah untuk Alfred Riedl adalah lini belakang. Kekuatan Indonesia saat ini ada di lini tengah dan lini depan. Sekarang bagaimana caranya, barisan pertahanan harus bisa mengimbangi lini depan dan lini pertahanan,” imbuhnya.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*