Liga Spanyol Gandeng Facebook untuk Siaran Langsung di India

Liga Spanyol mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Facebook untuk penyiaran kompetisi sepak bola itu di India. Kesepakatan yang diumumkan Senin itu, akan membuat para penonton di India dan sekitarnya dapat menyaksikan semua pertandingan Liga Spanyol untuk tiga musim ke depan dengan cuma-cuma di media sosial itu.

Pernyataan dari Liga Spanyol mengatakan keseluruhan dari 380 pertandingan untuk musim baru, yang akan dimulai pada Jumat, akan dapat disaksikan para penonton di India, Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Maladewa, Sri Lanka, dan Pakistan.

“Kami benar-benar gembira untuk dapat menyiarkan (Liga Spanyol) secara cuma-cuma di wilayah yang penting seperti sub benua India,” kata Alfredo Bermejo, kepala strategi digital Liga Spanyol, kepada Reuters menjelang pengumuman.

Bermejo melanjutkan, “Salah satu tujuan kami untuk dua tahun terakhir adalah menawarkan konten kepada seluas mungkin pemirsa, maka bermitra dengan platform bebas seperti Facebook, yang memiliki 270 pengguna di India, merupakan kunci bagi kami.”

Facebook dan Liga Spanyol menolak untuk memberikan detail keuangan kesepakatan itu, yang akan melengserkan raksasa jaringan sosial Sony Pictures Network sebagai pemegang hak di wilayah itu. Sony dilaporkan membayar US$ 32 juta untuk hak menyiarkan Liga Spanyol antara 2014 sampai 2016.

Facebook mulai menjelajah layanan siaran “streaming” olahraga pada 2017 dengan menyiarkan pertandingan-pertandingan Liga Bisbol AS (MLS) setiap pekannya, dan pada awal bulan ini menyetujui kesepakatan dengan perusahaan penyiaran Eleven Sports untuk menyiarkan satu pertandingan Liga Spanyol dan satu pertandingan Liga Italia per pekan melalui platform mereka.

Kesepakatan dengan Liga Spanyol merupakan pernyataan terkini dari meningkatnya ketertarikan grup-grup teknologi terhadap penyiaran olahraga untuk mempertahankan para pemirsa muda tetap setia dengan platform mereka.

Pada awal tahun ini, Amazon memenangi hak untuk menyiarkan 20 pertandingan Liga Inggris dalam semusim di Britania mulai 2019.

Bagaimanapun, Direktur Global Live Sports Facebook Peter Hutton, mengatakan kesepakatan dengan Liga Spanyol merupakan suatu percobaan, menuturkan bahwa meski perusahaannya telah memiliki kesepakatan-kesepakatan lain terkait pekerjaan itu, ia menolak untuk segera menguasai kesepakatan-kesepakatan terkait hak di olahraga itu.

“Kami mencari kesepakatan-kesepakatan lain yang cukup dekat untuk dipertimbangkan, namun ini bukan mengenai bergerak keluar dan membeli konten yang besar di seluruh dunia,” kata dia kepada Reuters. “Kami mencari hak-hak yang spesifik di pasar-pasar yang spesifik dan berusaha untuk mempelajari data dari pengalaman-pengalaman itu dan memikirkan langkah selanjutnya. Jika Anda terburu-buru dalam berbagai kesepakatan dalam satu waktu, Anda tidak dapat melakukannya dengan baik.”

Sistem pemantauan Facebook akan mencegah kebocoran, memastikan hanya para penonton di wilayah sub benua India yang akan dapat menyaksikan pertandingan-pertandingan melalui platform mereka. Pertandingan-pertandingan itu awalnya akan disiarkan tanpa iklan sama sekali, meski Hutton mengatakan Facebook sedang melakukan percobaan-percobaan dalam beriklan pada konten langsungnya di AS, yang mungkin dapat diterapkan pada siaran Liga Spanyol di kemudian hari.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*