Klub Liga Champions Sasar Sepakbola India

Klub asal Swiss yang tampil di Liga Champions pada musim ini, FC Basel resmi membeli 26 persen saham di Kota Chennai, menjadi pihak asing pertama yang membeli klub sepak bola India.

Chennai, yang baru ada di I-League India selama tiga tahun, tidak menjelaskan nilai kesepakatan yang akan melihat Basel membantu menciptakan akademi sepakbola untuk menjaring bakat muda.

Tetapi surat kabar Times of India mengatakan, Basel setidaknya berinvestasi uang senilai 20 juta euro ($ 22 juta).

“Uang yang akan mereka pompakan akan difokuskan sepenuhnya pada pemain muda yang didirikan dan pada infrastruktur,” kata pemilik Chennai Rohit Ramesh kepada AFP setelah pengumuman kesepakatan ini di New Delhi.

“Ini adalah perubahan bagi kami. Mendapatkan klub sepak bola Eropa menginvestasikan uang adalah sesuatu yang membuka pintu bagi klub-klub lain yang berpotensi untuk datang dan berinvestasi, ”tambahnya.

Kemitraan ini termasuk menciptakan akademi di negara bagian Tamil Nadu di India selatan, di mana Chennai adalah kota utama, serta sekolah sepak bola di seluruh wilayah.

Presiden Basel Bernhard Burgener menyebut kesepakatan itu “bersejarah” untuk sepak bola India dan klub Swiss.

Burgener menyoroti meningkatnya minat India terhadap sepak bola, menambahkan bahwa Piala Asia yang baru saja selesai “menunjukkan bahwa ada potensi sepakbola yang sangat besar untuk disadap” di negara ini.

India saat ini berada di peringkat ke-97 dunia FIFA, mereka dipuji atas penampilan mereka di turnamen Piala Asia 2019 di UEA, di mana mereka mengalahkan Thailand 4-1 di babak pembuka.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*