Juergen Klopp di Antara Pilihan Dua Kiper

Manajer Liverpool memiliki dua pilihan kiper utama di bawah mistar gawang yakni Loris Karius dan Simon Mignolet.

Nama yang pertama didatangkan Klopp dari klub Bundesliga Mainz 05 pada jendela transfer musim panas lalu. Sebetulnya masih ada kiper veteran Alex Maningger yang didatangkan pula oleh Klopp. Namun, Maningger menjadi pilihan ketiga setelah Karius dan Mignolet.

Pada awal musim ini Klopp memilih Mignolet di bawah mistar gawang. Sementara Karius–setelah absen tiga pertandingan liga akibat cedera tangan–menjadi cadangan di pekan keempat dan kelima.

Memasuki pekan keenam, Klopp pun seperti yang sudah diduga memainkan Karius sebagai kiper utama. Lantas bagaimana nasib Mignolet. Kiper internasional Belgia itu menjadi pilihan Klopp untuk kejuaraan di luar Liga Inggris.

Memasuki pekan ke-14, setelah kalah dari AFC Bournemouth dengan skor 3-4, dilanjutkan imbang 2-2 melawan West Ham United di pekan selanjutnya, Klopp memberikan pilihan berbeda lagi.

Dia memutuskan mencadangkan Karius, dan memainkan Mignolet di laga pekan ke-16 Liga Inggris di kandang Middlesbrough, Rabu (14/12). Hasilnya pun luar biasa, gawang Liverpool tetap perawan dan barisan penyerang mencetak tiga gol ke gawang tim tuan rumah.

Dalam laga tersebut, Mignolet berhasil mementahkan tiga peluang emas pemain-pemain The Boro.

“Simon melakukan sebuah pekerjaan yang bagus, namun saya tak menilai malam ini adalah pertandingan yang sulit bagi kiper [Liverpool],” ujar Klopp dalam jumpa pers usai pertandingan seperti dikutip dari Sky Sports.

Klopp pun memuji kemampuan Mignolet dalam berkonsentrasi di pertandingan tersebut sehingga memberikan hal yang baik bagi timnya.

Sementara terkait Karius, Klopp menyatakan tak ada waktu pasti kapan pria berusia 23 tahun itu akan kembali berada di bawah mistar gawang. Klopp mengatakan pertandingan melawan The Boro adalah kesempatan bagi Mignolet.

“Itu [memberitahu kepada Karius tentang kesempatannya] bukan cara sepak bola bekerja. Saya tidak akan memberitahu kepadanya [kapan akan kembali],” kata Klopp seperti dikutip dari Four Four Two.

“Saya sungguh-sungguh bahagia dengan situasi kiper kami. Kita memiliki dua kiper ini yang sangat, sangat bagus; seorang kiper berpengalaman Alex Maningger, yang merupakan orang yang luar biasa; serta tiga kiper muda yang menjanjikan,” sambung Klopp.

Juru taktik asal Jerman itu pun memuji Karius sebagai kiper muda yang memiliki potensi untuk menjadi besar. Namun, tentang kondisi saat ini Klopp berharap Karius menunjukkan jiwa besar karena itu normal dalam sepak bola.

“Saat anda tidak dalam momen terbaik, anda minggir dulu untuk beberapa saat, berlatih keras, menunjukkan [kepada pelatih] dan anda siap kembali dalam bentuk terbaik. Kemudian kita akan lihat apa yang akan terjadi,” ujar Klopp.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*