Gelar Juara Tinggal Berjarak 2.300-an Kilometer Lagi, Skuat Garuda!

Indonesia sudah sangat dekat dengan gelar juara AFF Suzuki Cup 2016. Menuju Stadion Rajamangala, titel itu tinggal berjarak 2.326,67 kilometer.

Berangkat sebagai timnas pertama sejak ‘masa hukuman’ pembekuan PSSI dicabut lima bulan jelang perhelatan dan pemilihan pemain yang terbatas, plus ada pemain yang tak bisa dibawa karena cedera, kejutan demi kejutan dibuat.

Tak disangka-sangka dan tak diduga Indonesia malah berhasil melaju ke final AFF Suzuki Cup 2016. Dengan skuat ‘seadanya’ timnas melaju ke partai puncak.

Bahkan kemudian, ‘Pasukan Merah Putih’ membuka peluang untuk menjadi juara dengan menang atas Thailand 2-1 pada final leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (14/12/2016) malam.

Sempat tertinggal satu gol setelah gawang Kurnia Meiga dibobol Teerasil Dangda, Indonesia membalas dua gol lewat Rizky Pora dan Hansamu Yama.

Tak punya banyak waktu beristirahat, timnas bergegas terbang ke Bangkok dari Cengkareng, Kamis (15/12/2016) siang. Perjalanan pamungkas dengan pertaruhan yang amat lugas: juara atau tidak.

Selain bekal positif yang dimiliki dari kemenangan leg pertama, perjalanan ini menjadi perjalanan paling pendek timnas ke negara-negara tuan rumah. Jarak Jakarta ke Bangkok ‘cuma’ 2.326,52 kilometer, sekitar 3 jam dengan pesawat komersil.

Dengan perjalanan-perjalanan lebih panjang yang sudah dilalui, semestinya timnas tak kesulitan mengatasi rasa lelah.

‘Pemanasan’ sudah dibuat ketika timnas menjalani fase grup di Manila, Filipina. Jarak Jakarta menuju Manila mencapai 2,791 kilometer. Penerbangan langsung dari Jakarta butuh waktu 4 jam.

Itu ditambah 26 kilometer dari Manila ke Bocaue, Bulacan lokasi Philippine Sports Stadium berada. Menggunakan mobil, waktu tempuhnya cuma 30 menit.

Setelah lolos ke semifinal, lawatan dijadwalkan menuju Hanoi, Vietnam. Jarak antara Jakarta dan Hanoi lebih jauh lagi, sampai 3.028,64 kilometer.

Saat menjalani laga home, timnas menambah jarak dari Cengkareng ke Sentul, dengan tujuan agar lebih dekat ke Stadion Pakansari di Cibinong, Bogor.

Dengan jadwal pertandingan final leg kedua di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016), timnas masih punya waktu istirahat satu hari penuh besok. Soal kelelahan, timnas Thailand juga menjalani penerbangan yang serupa dengan tim besutan Alfred Riedl itu.

Jika mempercayai teori relativitas, maka perjalanan ke Manila atau Hanoi, apalagi dengan penantian yang sudah cukup lama untuk menjadi juara Piala AFF, jarak Jakarta ke Bangkok hanyalah jarak pendek semata.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*