Bukan Teerasil yang Paling Sering Bobol Gawang Indonesia

Teerasil Dangda memang telah mencatatkan empat gol ke gawang Kurnia Meiga sepanjang penyelenggaraan Piala AFF 2016, akan tetapi penyerang 28 tahun itu bukan menjadi pemain yang paling sering membobol gawang Indonesia di turnamen level Asia Tenggara.

Status tersebut dipegang oleh Worrawoot Srimaka, penyerang Thailand di era 2000-an. Ia total mencetak enam gol dalam tiga penyelenggaraan Piala AFF.

Di Piala AFF 1998, Worrawoot mencetak satu gol, sementara di Piala AFF 2000 ia mencetak lima gol dengan rincian dua gol di laga fase grup dan hattrick di partai final. Hattrick Worrawoot membantu Thailand kalahkan Indonesia 4-1 dan merebut gelar juara.

Sementara itu, Teerasil pernah lima kali menyarangkan bola ke gawang Indonesia. Gol pertama ia lakukan pada Piala AFF 2008, sementara empat gol lain di gelaran kali ini.

Serupa dengan Worrawoot, Teerasil juga tercatat pernah hattrick ke gawang Indonesia, yaitu di laga perdana Piala AFF 2016. Saat itu Thailand menang 4-2.

Satu gol Teerasil lainnya tercipta ketika ia menyarangkan bola dengan tandukannya di leg pertama final Piala AFF 2016, Rabu (14/12). Akan tetapi Indonesia bisa menyamakan kedudukan lewat sepakan Rizky Pora dan kemudian berbalik unggul lewat tandukan Hansamu Yama Pranata.

Satu gol yang dicetak Teerasil membuat penyerang Muangthong United itu kini menjadi penyerang tersubur sementara Piala AFF 2016 dengan torehan enam gol.

Sebelumnya Teerasil juga pernah menjadi penyerang tersubur di Piala AFF 2008 dengan empat gol dan juga Piala AFF 2012 dengan lima gol. Akan tetapi, di dua turnamen itu Teerasil gagal untuk merebut gelar juara karena kalah dari Vietnam (2008) dan Singapura (2012).

Ketika Thailand menjuarai gelaran dua tahun lalu, Teerasil tak ikut serta karena tak mendapat izin dari kesebelasannya saat itu, Almeria.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*