Barcelona Berpeluang Dilatih Xavi Hernandez

Barcelona yang bisa kehilangan pelatih Ernesto Valverde akhir musim ini, kemungkinan bisa mengandalkan legenda mereka, Xavi Hernandez, yang akan memulai karirnya sebagai pelatih musim depan.

Saat ini mantan andalan lini tengah Barcelona itu, Xavi Hernandez, sebenarnya masih bermain di klub Qatar, Al Saad. Namun menurut SPORT, mulai 1 Juli mendatang gelandang berusia 38 tahun itu akan memiliki semua lisensi yang diminta UEFA maupun Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) untuk melatih di La Liga, atau di manapun di dunia.

Pada 23 April mendatang, Xavi Hernandez akan mengambil kursus terakhirnya di markas RFEF di Las Rozas, untuk lisensi UEFA Pro. Xavi saat ini bahkan sudah bisa tampil di lapangan.

Pasalnya, untuk dapatkan lisensi tersebut, serta sisi teorinya, ada periode enam bulan latihan yang diperlukan. Di sinilah kuncinya adalah segalanya, dan menjelaskan mengapa Xavi akan bebas menjadi pelatih mulai Juli mendatang, dan seterusnya, bertepatan dengan dimulainya musim baru sepakbola Spanyol.

Xavi telah menghabiskan waktunya sebagai pemain papan atas di Barcelona, sekaligus melatih para pemain muda. Pelatihan itu, setelah terakreditasi, akan berfungsi sebagai praktik yang diperlukan untuk dapatkan lisensi UEFA Pro tersebut. Artinya, jika Xavi dan Barcelona mau, maka Xavi bisa mengambil alih posisi pelatih di Camp Nou pada awal musim 2019/20.

Namun, jelas kedatangan Xavi kembali di sepakbola Spanyol – terutama ke Barcelona, tidak akan terjadi begitu cepat. Dia baru-baru ini juga memperpanjang kontraknya di Qatar hingga 2020 mendatang, sehingga dia akan menyelesaikan karir bermainnya lebih dulu hingga dia berusia 40 tahun.

Xavi juga tidak kesampingkan kemungkinan dirinya melatih di Al Sadd setelah pensiun sebagai pemain – sesuatu yang akan melanjutkan pendidikannya untuk mengambil pekerjaan besar di Ciudad Condal. Tetapi kenyataannya, jika Xavi dan Barcelona merasa tepat, ia bisa saja memiliki lisensi untuk melatih pada musim panas.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*