Ada Pemutihan Kartu Kuning di Semifinal Piala AFF

Timnas Indonesia patut bernapas lega. Pasalnya para pemainnya yang sudah terkena satu kartu kuning di fase akan dihapuskan di babak semifinal.

Indonesia sendiri berhasil lolos ke semifinal turnamen ini setelah tampil sebagai runner-up Grup A dengan empat poin, di bawah Thailand yang lolos sebagai juara grup.

Di semifinal, Indonesia akan menghadapi salah satu tim kuat Asia Tenggara lainnya, Vietnam, yang lolos sebagai juara Grup B dengan nilai sempurna.

Sudah pasti Indonesia berharap para pemainnya bebas cedera dan juga bebas hukuman agar bisa tampil full team di dua leg semifinal, yakni Sabtu (3/12) dan Rabu (7/12).

Untuk yang satu ini, Indonesia sementara tidak akan bisa memakai jasa dua bek tengahnya, Yanto Basna dan Fachruddin Haryanto, karena keduanya sudah mengumpulkan dua kartu kuning di fase grup. Oleh karenanya, Yanto dan Fachruddin harus absen di leg pertama semifinal.

Namun, Indonesia tak perlu khawatir dengan para pemain lain yang sudah mengantungi satu kuning di fase grup, seperti Boaz Solossa, Stefano Lilipaly, dan Evan Dimas. Ketiga pemain itu dipastikan bersih dari kartu kuning di semifinal ini.

“Setiap pemain yang berhasil lolos ke babak semifinal dan sudah mendapat satu kartu kuning, maka kartu kuning tersebut akan dihilangkan sejak babak semifinal,” demikian dikutip dari regulasi Piala AFF pasal 15 ayat 3.2.

Sebagai catatan, aturan ini hanya berlaku untuk para pemain yang cuma sekali kena satu kuning, sementara mereka yang mendapat dua kartu kuning tetap harus menjalani hukuman.

Satu pemain Vietnam juga harus absen di leg pertama semifinal, yakni bek Truong Dinh Luat yang dikartumerah saat menghadapi Kamboja di laga terakhir grup.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*