3 Kandidat Pengganti Valverde Jika Dipecat Barcelona

Sekalipun menang melawan Tottenham di Liga Champions Eropa Rabu (03/10/18), Barcelona masih tersendat di La Liga Spanyol dengan empat kali gagal menang menyusul hasil imbang 1-1 melawan Valencia, Sabtu (06/10/18).

Valverde memang berhasil membawa Los Blaugrana meraih gelar La Liga Spanyol dan Copa del Rey (Piala Raja) musim lalu. Namun tidak berarti eks pelatih Bilbao ini didukung fans raksasa Katalan ini.

Dibawah Valverde, ketergantungan Barcelona terhadap Lionel Messi semakin mengkhawatirkan. Valverde juga kurang mampu merotasi tim sehingga terkadang permainan klub yang pernah dilatih Pep Guadiola ini tidak terlalu tampil maksimal.

Sempat muncul isu bahwa jika hasil buruk masih berlanjut, maka petinggi klub bisa mendepak Valverde sebelum Natal. Seandainya hal buruk itu terjadi, berikut ini nama-nama yang bisa dipertimbangkan sebagaimana dilansir dari Sportskeeda.

Laurent Blanc

Rekan Zinedine Zidane saat membawa Prancis juara dunia 1998 di rumah sendiri saat ini tengah menganggur setelah keluar dari Paris Saint-Germain (PSG). Tetapi jangan lupa, tiga tahun bersama klub kaya raya ibu kota negaranya ini, Blanc sudah mempersembahkan 10 trofi termasuk tiga gelar Ligue 1 Prancis.

Blanc juga pernah bermain di Barcelona selama semusim. Dia sendiri berteman baik dengan rekan senegaranya yang saat ini menjadi sekretatris Los Blaugrana, Eric Abidal.

Taktik yang digunakan sedikit banyak mirip dengan Valverde namun lebih menyerang. Ini bisa memaksimalkan para pemain tengah seperti Ivan Rakitic dan rekrutan baru Arturo Vidal.

Leonardo Jardim (AS Monaco)

AS Monaco memang sudah ditinggalkan para pemain intinya seperti Kylian Mbappe, Benjamin Mendy, Bernardo Silva dan kolega yang berhasil membawa klub Merah Putih ini mencapai empat besar Liga Champions Eropa musim 2016/17. Kepergian para pemain inti membuat prestasi mereka merosot di musim berikutnya dengan terdepak di kompetisi antar klub Eropa tersebut.

Walau begitu, nama Jardim layak diperhitungkan. Kylian Mbappe harus berterima kasih pada sosok ini karena berhasil memaksimalkan kemampuannya. Rekrutan baru Barca seperti Artur Melo dan Malcom sepertinya perlu juga pelatih seperti Jardim ini agar kelebihannya bisa dikeluarkan lebih baik lagi.

La Masia (akademi milik Barcelona) dikenal sebagai penghasil pemain papan atas yang sayangnya beberapa tahun terakhir sudah agak terlupakan. Seandainya Jardim jadi pelatih Barcelona, kemungkinan dia bisa menyeleksi para pemain binaan akademi dan dilatih sedemikian rupa agar bisa masuk tim inti.

Marcellino Garcia Toral (Valencia)

Nama pria ini mulai dikenal saat membawa Villareal yang nyaris terlempar ke kompetisi kasta ketiga. Posisinya di Divisi Segunda adalah 17. Namun, tangan dinginnya berhasil membawa The Yellow Submarine meraih tiket promosi di La Liga Spanyol.

Lalu saat ini dia bersama Valencia, klub penghasil para pemain top di era 2000-an, yang terpuruk. Sejak menjadi juara La Liga Spanyol tahun 2004 bersama Rafael Benitez, Kelelawar Mestalla ini sudah 15 kali ganti pelatih (termasuk Valverde sendiri).

Metode permainannya standar saja. Menekan dan menguasai bola seperti layaknya sepak bola Spanyol. Marcellino juga sosok pelatih yang menghargai proses dan menuntut semua pemainnya tampil sempurna sehingga terkesan cerewet.

Tetapi, dia juga sama seperti pelatih lainnya yang tidak sembarangan memasukkan pemain muda sampai benar-benar siap. Contohnya Gabriel Paulista yang harus menunggu semusim sampai dimainkan secara reguler di Valencia.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*